Kamis, 06 Oktober 2011

Pemanfaatan Bahasa Indonesia pada tataran ilmiah


Wacana berdasarkan tataran ilmiah
Contoh


Apakah “ Permata Perang
Intan, sejak lama dilihat sebagai lambing cinta abadi, juga menjadi bahan bakar yang nmenjaga nayala api pemberontakan dibeberapa bangsa berkembang di Afrika. Meskipun sebagian besar dunia mengenal tambang intan dan kartel intan afrika selatan, tetapi perdagangan gelap intan mentah baru belakangan saja mendapat perhatian internasional.
Para diplomat menyebut bantuan ini sebagai “intan konflik” karena mereka menjadi sumber dana untuk mendukung tentara pemberontak di Angola, kongo, Liberia, sierra Leone. Di Negara-negara yang sejak lama terjangkit perang saudara, seggenggam intan mentah bias membiayai pasukan yang ingin menggulingkan pemerintah.
Para pemberontak akan memenfaatkan pasar gelap untuk menjadikan batuan yang belum digosok itu sebagai uang sehingga menambah pada pasokan tak terkontrol intan-intan yang pasarannya dikendalikan san gat ketat.
Tetapi, per;lawanan terhadap aliran intan konflik meningkat. Pemimpin produsen intan di afrika, De Beers, mengajak mitra-mitra mereka untuk memboikot batuan tersebut masuk kepasar.
Perserikatan bangsa-bangsa (PBB) telah mengeluarkan sanksi khusus terhadap para pemberontak di Angola dan Sierra Leone, dan Kongres Amerika Serikat telah meyetujui perundangan yang mendukung upaya PBB mematahkan aliran permata-permata konflik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar