Jumat, 11 November 2011

Biografi Abu bakar As shiddiq

Nama aslinya adalah Abdullah bin abi Quhafah.Ayahnya bernama Abu Quhafah yang nama aslinya adalah Usman bin Amir bin Amr bin Ka’b bin Sa’d bin Taim bin Murrah bin Ka’b bin Lu’ai bin Ghalib atTaimiy al Qurosy bertemu silisilah/ keturunan dengan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam di Murrah bin Ka’b.Ibu Abu Bakar adalah Ummul Khair Salma binti Shokhr bin Amir bin Ka’b bin Sa’d bin Taim bin Murrah.

Usia beliau 63 tahun, sama seperti Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dia termasuk orang yang pertama masuk islam. Manusia terbaik setelah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.Beliau Mengemban kekhilafahan selama 2,5 tahun. Riwayat-riwayat lain menyebutkan 2 tahun 4 bulan kurang 1 hari; 2 tahun;20 bulan.

Perjuangan beliau demi tegaknya islam cukup berat,dalam suatu riwayat di ceritakan bahwa pada saat umat islam masih sedikit,beliau memulai dakwah nya di suatu pasar dengan menyerukan “Ya ayyuhannas kuuluu Laa illah ha illallah tuflihuun” yang artinya “Hai sekalian manusia katakanlah tiada yang berhak di sembah kecuali Allah,maka kamu akan selamat”.Maka seluruh isi pasar menghujamnya dengan batu serta alat yang ada disekitar mereka untuk menciderai beliau,beliau pun terjatuh dan tidak sadarkan diri.Walaupun Beliau dikenal sebagai orang yang dermawan(kalangan pembesar pada waktu itu),tidak ada yang menginginkannya masuk ke dalam Islam serta mengikuti ajaran baginda Rasullullah SAW. Beliau merupakan orang pertama yang mendakwahkan islam di muka bumi ini selain Rasulullah SAW.

Selain terkenal jujur,Abu bakar r.a juga terkenal sebagai orang yang rela berkorban demi tegaknya islam.Diceritakan bahwa saat ada panggilan untuk bersedekah di jalan Allah, beliau mengorbankan seluruh harta yang ia punya kepada Rasulullah SAW.Ketika ditanya oleh baginda nabi SAW,apa yang ia tinggalkan untuk keluarganya,ia menjawab “aku tinggalkan untuk keluargaku Allah dan Rasul Nya”,saat itu Umar r.a yang ada disamping nabi SAW berkata, “Seumur hidupku,aku tak akan pernah mengalahkan sedekahnya Abu bakar”.

Beliau wafat pada tanggal 23 Agustus 634 di Madinah karena sakit yang dideritanya pada usia 61 tahun. Abu Bakar dimakamkan di rumah putrinya Aisyah di dekat masjid Nabawi, di samping makam Nabi Muhammad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar