Jumat, 11 November 2011

Toleransi is Everything

Toleransi adalah istilah dalam konteks sosial, budaya dan agama yang berarti sikap dan perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam suatu masyarakat. Contohnya adalah toleransi beragama, dimana penganut mayoritas dalam suatu masyarakat mengizinkan keberadaan agama-agama lainnya. Istilah toleransi juga digunakan dengan menggunakan definisi "kelompok" yang lebih luas, misalnya partai politik, orientasi seksual, dan lain-lain. Hingga saat ini masih banyak kontroversi dan kritik mengenai prinsip-prinsip toleransi, baik dari kaum liberal maupun konservatif (Wikipedia).

Pentingnya toleransi juga terdapat di dalam suatu hubungan persahabatan,sebagai contoh ketika teman kita sedang sakit dan tidak memiliki uang untuk membeli obat,kita sebagai teman haruslah membantu dan menolongnya,walaupun seadanya,tanpa terikat suatu latar belakang,agama, maupun etnis suku bangsa.Toleransi adalah hal yang indah,hal yang harus diwujudkan dan sesuatu yang harus kita bangun di dalam diri kita,karena tanpa adanya toleransi, orang akan bersikap egois dan apatis dalam menjalani kehidupan ini.

Jika ada seseorang yang beranggapan bahwa pengemis adalah kaum yang perlu di kasihani,itulah yang disebut dengan toleransi antar manusia.Implementasinya adalah,kita memberikan sejumlah uang kepada pengemis tadi.Indah bukan??

Dalam pergaulan juga demikian,toleransi bukan hanya sekedar antar umat beragama saja,tapi juga dengan teman yang ada di sekeliling kita ,karena adanya toleransi antar teman adalah salah satu pangkal sebuah pertemanan menjadi langgeng dan abadi hingga akhir hayat.Toleransi is Everything! Trust me!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar