Kamis, 07 Juni 2012

Kerugian pemakaian Basis Data


 Kerugian dari pemakaian Basis data adalah sbb:

  1. Storage (tempat penyimpanan data)
Storage yang digunakan menjadi besar, kompleksitas dan fungsional yang semakin banyak membuat basis data membutuhkan tempat penyimpanan data yang juga besar untuk menampung perangkat lunak yang digunakan juga data dari organisasi untuk dapat mengefesiensikan kinerja dari suatu organisasi tersebut.

  1. Professional required
Dibutuhkannya tenaga ahli yang terampil dalam mengelola suatu basis data karena data yang dikelola dalam suatu basis data adalah data yang sangat kompleks dan harus dapat diaplikasikan pada suatu perangkat lunak yang hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang terampil.

  1. Perangkat lunak yang mahal
Perangkat lunak (contoh : Oracle) yang digunakan dalam suatu sistem basis data merupakan perangkat lunak yang dapat mengoptimalkan kinerja dari suatu organisasi, biasanya perangkat lunak yang bagus dan compatible harganya mahal dan tidak hanya satu aplikasi perangkat lunak saja yang digunakan tetapi biasanya terdapat lebih dari satu aplikasi.Kemudian digunakan tidak hanya di satu tempat saja, tetapi digunakan di berbagai cabang organisasi tersebut tersebar. Oleh karenanya investasi sistem basis data sangat mahal sehingga harus diperhitungkan secara cermat dan efisien.

  1. Damage Cause
Kerusakan yang terjadi pada sistem basis data dapat mempengaruhi departemen yang terkait karena dalam suatu sistem basis data terdapat unsur sharing. Jika terdapat kerusakan dala data maka kan mengakibatkan departemen lain mengalami keterhambatan dalam melakukan operasionalnya. Sehingga dalam hal ini data administrator harus selalu menjaga agar data yang digunakan tetap konkruen dan tersedia untuk mencegah terhambatnya operasional dari departemen lainnya. 

1 komentar: