Kamis, 07 Juni 2012

Komponen Sistem Basis Data


 Komponen yang terdapat dari sistem basis data adalah sbb:

  1. Data
Disimpan secara terintegrasi, artinya basis data merupakan gabungan dari berbagai macam file aplikasi yang berbeda-beda dan disusun dengan menghilangkan bagian-bagian yang rangkap (redundancy).

  1. Perangkat Keras
Mencakup peralatan atau perangkat computer yang digunakan untuk pengelolaan sistem basis data.Contoh : alat input/output, komunikasi dsb.

  1. Perangkat Lunak
Sebagai penghubung antara pengguna dan Basis data.Contoh : DBMS, MySql.

  1. Pengguna
Dibagi menjadi 4 kategori:
    1. System Engineer
Tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan system basis data dan juga mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dari system tersebut.
    1. Database Administrator (DBA)
Tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol system basis data secara keseluruhan,meramalkan kebutuhan akan system, merencanakannya dan mengaturnya.
    1. Programmer
Pengguna yang berinteraksi dengan basis data melalui Data Manipulaion Language(DML), yang disertakan dalam program yang ditulis dalam bahasa pemrograman induk (seperti C, Pascal, COBOL, dan lain-lain).
    1. End-User
Casual User (Pengguna mahir)
·         Pengguna yang berinteraksi dengan system tanpa menulis modul program.
Naïve User (Pemakai umum)
·         Pengguna yang berinteraksi dengan system basis data melalui pemanggilan satu program aplikasi permanent yang telah disediakan sebelumnya
Specialized User (Pengguna khusus)
·         Pengguna yang menulis aplikasi basis data non konvensional, tetapi untuk keperluan khusus seperti aplikasi Artifical Intelegence (AI), Sistem pakar, Pengolahan citra dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar