Kamis, 07 Juni 2012

Contoh Paragraf Generalisasi


Mungkin kita sering mendengar tentang bahasa-bahasa yang terdapat dalam sistem komputer,namun apakah sempat terlintas perbedaan yang signifikan dari semua bahasa-bahasa tersebut dalam benak kita?? Minimal saja terlintas bahasa pemrograman yang dipakai?.Apa itu bahasa komputer? Singkatnya bahasa komputer merupakan bahasa komputasi yang di pahami oleh mesin dan sebagai jalur berinteraksi antara manusia dengan mesin (komputer) itu sendiri.Bahasa komputer sendiri telah berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi yang berdampak pada munculnya generasi-generasi baru pada bahasa komputer. Mari kita lihat sekilas tentang perkembangan pada bahasa komputer. 

1). Bahasa Generasi pertama merupakan bahasa mesin yang masih terbilang sulit dimengerti karena bahasa generasi pertama diprogram dengan menggunakan notasi biner, jadi untuk memunculkan huruf “a” saja kita harus memasukan kode binary terlebih dahulu.

2). Bahasa Generasi kedua disebut juga bahasa assembly yang ditemukan kira-kira pada tahun 1950-an.Penemuan bahasa generasi kedua ini bisa dibilang penemuan yang cukup penting di jamannya,karena mudah dalam implementasinya.Bahasa yang termasuk dalam bahasa generasi kedua diantaranya adalah SAP,AutoCoder, dan BAL.

3). Bahasa Generasi ketiga disebut juga High-Level Language yang ditemukan sekitar tahun 1960-an dimana sudah ditemukan bahasa pemrograman. Generasi ketiga ini sudah menggunakan bahasa inggris dalam implementasinya. Keunikan bahasa generasi ketiga ini adalah dimana formula yang digunakan lebih di dominasi oleh notasi matematika seperti x = (a+b) / (c-d). Bahasa yang termasuk diantaranya FORTRAN dan COBOL.

4). Bahasa Generasi keempat disebut juga Bahasa produktivitas tinggi yang dikenalkan pada tahun 1970-an yang dirancang untuk mempermudah aplikasi dan pembuata database pada sistem komputer.Bahasa yang digunakan antara lain adalah SQL,MySql,Oracle.

5).Bahasa Generasi Kelima ditemukan pada tahun 1980-an dimana generasi ini sudah mengenal bahasa procedural dan non-prosedural. Bahasa ini condong pada pendekatan Artifical Intelegence pada komputer dan pembuatan sistem robotika. Yang termasuk dalam bahasa generasi ini diantaranya adalah C++,Java,VB dsb.

Pada umumnya setiap generasi bahasa komputer itu sendiri memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan generasi-generasi lainnya serta memiliki karaktersistik tersendiri yang membedakannya dengan generasi lain..Jadi dengan demikian sedikit banyak bahasa pada generasi tertentu mempengaruhi kinerja pada sistem komputer itu sendiri di jamannya serta mempunya tujuan yang sama yaitu memudahkan user dalam pemakaian komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar