Selasa, 08 Mei 2012

Mikroskop



Sel tidak ditemukan  sampai penemuan mikroskop di abad ke 17.Sejak saat itu,bermacam macam tipe mikroskop telah brkembang untuk mempelajari sel dan komponennya.Mikroskop adalah alat yang menghasilkan gambar yang diperbesar dari benda benda yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata biasa.

Mikroskop yan pertama dibuat sekitar 1590 oleh HANS dan ZACHARIAS JANSSEN ,tukang kacamata dari belanda.ANTONIE VAN LEEUWENHOEK merupakan ilmuwan pertama yang menyadari manfaat mikroskop.Pada tahun 1663 ROBERT HOOKE ,ilmuwan inggris,meneliti serangga dan tumbuhan dgn mikroskop.Mikroskop merangsang minat akan kehidupan mikroskopis.

Mikroskop cahaya /optic mempunyai dua lensa utama ,yaitu lensa objektif dan lensa okuler.Lensa objektif merupakan lensa yang dekat dgn objek,sedangkan lensa okuler dekat dgn mata pengamat.Keduanya berfungsi untuk memperbesar benda yang diamati.Berbagai lensa objektif dapat dipasang untuk membesarkan objek 10-1.500 kali.

Mikroskop electron memakai sinar partikel electron/atom untuk mmperbesar objek jutaan kali dari ukran aslInya.Kalau objek mikroskop cahaya harus diiris tipis sebelum dilihat dgn mikroskop,objek mikroskop electron dapat diperbesar secara utuh.

Saat ini, mikroskop paling mutakhir adalah mikroskop sinar leser.Dibantu dgn teknik mikroskopis baru, mikroskop ini mampu menampakkan molukel2 yg sbelumnya tdk trlihat,bhkan pmukaan atom sperti klor dan sodium …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar