Selasa, 08 Mei 2012

Contoh Bab 1 Penulisan Ilmiah dengan menggunakan Flash 8


1. PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang Masalah
           
            Informasi merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh setiap manusia,setiap organisasi,dan segala yang terlibat di dalamnya.Setiap aspek kehidupan kita selalu tidak bisa terlepas dari peranan informasi,mengapa demikian? Karena tak bisa dipungkiri,informasi menjadi hal yang selalu terupdate setiap detiknya bersama dengan hal-hal baru yang membawa pesan dari informasi tersebut. Dengan perkembangan informasi yang begitu pesat saat ini,manusia sepertinya sudah mudah untuk mendapatkan informasi melalui internet maupun melalui media elektronik yang semacamnya serta lebih cepat dalam proses mendapatkannya.

            Dari video dan gambar-gambar,manusia akan lebih mudah menyerap pesan dari suatu informasi yang akan disampaikan.Seperti kata pepatah “one picture more than a thousand words”, yang berarti satu gambar lebih dari ratusan kata-kata.Banyak terdapat tutorial-tutorial yang telah berkembang dalam bentuk e-learning,e-book dan aplikasi-aplikasi edukatif lainnya,dimana semua hal tersebut memudahkan manusia dalam memahami pesan dari suatu informasi yang tentu lebih menarik dibandingkan harus membaca yang menghabiskan waktu dan bersifat monoton.Permasalahan seperti inilah yang akan penulis angkat sebagai penulisan ilmiah.

            Untuk memberikan solusi dari penyampaian informasi tersebut maka diperlukan suatu aplikasi yang bisa membuat manusia merasa nyaman dan tertarik melalui media visual sehingga manusia lebih mudah menerima informasi tersebut serta lebih terbantu dalam proses implementasinya.

            Dalam tulisan ilmiah ini,penulis ingin membuat aplikasi yang berjudul “Aplikasi Strategi defense futsal dengan menngunakan Flash 8” yang bertujuan untuk memudahkan para penggemar olahraga futsal untuk mempelajari strategi defense dalam permainan futsal dengan menggunakan Macromedia Flash 8.Dengan aplikasi ini diharapkan para penggemar futsal lebih mudah mempelajari strategi defensive dalam futsal dan memperkenalkan strategi defense dalam permainan futsal kepada para masyarakat pada umumnya.
 

1.2. Pembatasan Masalah

            Penulis membatasi masalahnya hanya pada pembuatan movie clip yang menggunakan Macromedia Flash 8 yaitu hanya strategi defense yang terdiri dari 4 strategi yang dimainkan dengan menghadapi serangan(offense) dalam futsal.


1.3. Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah pembuatan Aplikasi Strategi defense futsal dengan menngunakan Flash 8.


1.4. Metode Penelitian

Penulis merencanakan tema yang akan dibuat yaitu Aplikasi berbasis multimedia. Kemudian penulis menetapkan perangkat keras intel(R) Atom(TM) CPU N280 @1.66GHz (2 CPUs) dan perangkat lunak Windows XP sp3, Macromedia Flash 8.

Penulis menganalisa pentingnya masyarakat akan informasi mengenai dasar-dasar bertahan dalam permainan futsal  agar masyarakat mengetahui lebih dalam tentang cara bertahan dalam permainan futsal.

            Selanjutnya, penulis melakukan pengumpulan data-data untuk aplikasi, menentukan Peta Navigasi yang akan digunakan pada Aplikasi, merancang desain Antarmuka dari Aplikasi Multimedia serta membentuk elemen yang akan digunakan Aplikasi Multimedia.

Penulis membuat struktur navigasi dan membuat storyboard, kemudian cara membuat aplikasi menggunakan macromedia flash 8.

            Terakhir, penulis melakukan uji coba apakah aplikasi sudah sesuai dengan rancangan yang ada atau perlu adanya perbaikan didalamnya sebelum aplikasi ini layak untuk dimasyarakatkan.


1.5. Sistematika Penulisan

            Penulis menjelaskan tentang hal-hal yang melatar belakangi permasalahan yang timbul, pembatasan masalah, tujuan penulisan dari penulisan ilmiah ini, metode   penelitian dan sistematika penulisan yang telampir pada bab pendahuluan.

            Selanjutnya,penulis menjelaskan tentang cara untuk menggunakan Macromedia Flash 8, Struktur navigasi, lingkungan kerja flash, frame by frame, animasi dan konsep dasar animasi, sekilas ActionScript dan ActionScript pada object dan frame pada mode normal, mouse events dan event-nya dan sintaks Actionscript beserta fungsinya yang penulis buat pada bab  landasan dan teori.

            Kemudian penjelasan tentang struktur navigasi, rancangan aplikasi, pembuatan library, cara pembuatan aplikasi, cara meng-compile dan cara menjalankan aplikasi penulis buat pada bab analisa dan pembahasan.
           
            Terakhir, kesimpulan dari hasil penulisan dan saran-saran untuk penyempurnaan dan pengembangan lebih lanjut dapat dilihat pada bab kesimpulan dan saran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar