1.
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Masalah
Informasi merupakan suatu hal yang
dibutuhkan oleh setiap manusia,setiap organisasi,dan segala yang terlibat di
dalamnya.Setiap aspek kehidupan kita selalu tidak bisa terlepas dari peranan
informasi,mengapa demikian? Karena tak bisa dipungkiri,informasi menjadi hal
yang selalu terupdate setiap detiknya bersama dengan hal-hal baru yang membawa
pesan dari informasi tersebut. Dengan perkembangan informasi yang begitu pesat
saat ini,manusia sepertinya sudah mudah untuk mendapatkan informasi melalui
internet maupun melalui media elektronik yang semacamnya serta lebih cepat
dalam proses mendapatkannya.
Dari video dan gambar-gambar,manusia
akan lebih mudah menyerap pesan dari suatu informasi yang akan disampaikan.Seperti
kata pepatah “one picture more than a thousand words”, yang berarti satu
gambar lebih dari ratusan kata-kata.Banyak terdapat tutorial-tutorial yang
telah berkembang dalam bentuk e-learning,e-book dan aplikasi-aplikasi edukatif
lainnya,dimana semua hal tersebut memudahkan manusia dalam memahami pesan dari
suatu informasi yang tentu lebih menarik dibandingkan harus membaca yang
menghabiskan waktu dan bersifat monoton.Permasalahan seperti inilah yang akan
penulis angkat sebagai penulisan ilmiah.
Untuk memberikan solusi dari
penyampaian informasi tersebut maka diperlukan suatu aplikasi yang bisa membuat
manusia merasa nyaman dan tertarik melalui media visual sehingga manusia lebih
mudah menerima informasi tersebut serta lebih terbantu dalam proses implementasinya.
Dalam tulisan ilmiah ini,penulis
ingin membuat aplikasi yang berjudul “Aplikasi Strategi defense futsal
dengan menngunakan Flash 8” yang bertujuan untuk memudahkan para penggemar
olahraga futsal untuk mempelajari strategi defense dalam permainan futsal
dengan menggunakan Macromedia Flash 8.Dengan aplikasi ini diharapkan para
penggemar futsal lebih mudah mempelajari strategi defensive dalam futsal dan
memperkenalkan strategi defense dalam permainan futsal kepada para masyarakat
pada umumnya.
1.2.
Pembatasan
Masalah
Penulis membatasi masalahnya hanya
pada pembuatan movie clip yang menggunakan Macromedia Flash 8 yaitu hanya
strategi defense yang terdiri dari 4 strategi yang dimainkan dengan menghadapi serangan(offense)
dalam futsal.
1.3.
Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini
adalah pembuatan Aplikasi Strategi defense futsal dengan menngunakan
Flash 8.
1.4. Metode Penelitian
Penulis
merencanakan tema yang akan dibuat yaitu Aplikasi berbasis multimedia. Kemudian
penulis menetapkan perangkat keras intel(R) Atom(TM) CPU N280 @1.66GHz (2 CPUs)
dan perangkat lunak Windows XP sp3, Macromedia Flash 8.
Penulis menganalisa
pentingnya masyarakat akan informasi mengenai dasar-dasar bertahan dalam
permainan futsal agar masyarakat mengetahui
lebih dalam tentang cara bertahan dalam permainan futsal.
Selanjutnya,
penulis melakukan pengumpulan data-data untuk aplikasi, menentukan Peta Navigasi
yang akan digunakan pada Aplikasi, merancang desain Antarmuka dari Aplikasi
Multimedia serta membentuk elemen yang akan digunakan Aplikasi Multimedia.
Penulis membuat
struktur navigasi dan membuat storyboard, kemudian cara membuat aplikasi
menggunakan macromedia flash 8.
Terakhir, penulis
melakukan uji coba apakah aplikasi sudah sesuai dengan rancangan yang ada atau
perlu adanya perbaikan didalamnya sebelum aplikasi ini layak untuk
dimasyarakatkan.
1.5. Sistematika Penulisan
Penulis
menjelaskan tentang hal-hal yang melatar belakangi permasalahan yang timbul,
pembatasan masalah, tujuan penulisan dari penulisan ilmiah ini, metode penelitian dan sistematika penulisan yang
telampir pada bab pendahuluan.
Selanjutnya,penulis
menjelaskan tentang cara untuk menggunakan Macromedia Flash 8, Struktur
navigasi, lingkungan kerja flash, frame by frame, animasi dan konsep dasar
animasi, sekilas ActionScript dan ActionScript pada object dan frame pada mode
normal, mouse events dan event-nya dan sintaks Actionscript beserta fungsinya
yang penulis buat pada bab landasan dan
teori.
Kemudian
penjelasan tentang struktur navigasi, rancangan aplikasi, pembuatan library,
cara pembuatan aplikasi, cara meng-compile dan cara menjalankan aplikasi
penulis buat pada bab analisa dan pembahasan.
Terakhir, kesimpulan dari hasil penulisan dan
saran-saran untuk penyempurnaan dan pengembangan lebih lanjut dapat dilihat
pada bab kesimpulan dan saran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar